PRAMUKA PONDOK MADINAH

Salah satu keunikan Kurikulum Pesantren Pondok Madinah  adalah masuknya Pramuka dalam sistem pendidikan sebagai ekstrakurikuler wajib. Pramuka dipandang sebagai kegiatan yang bisa dilakukan oleh segala kelompok umur. Sebagai upaya menggelorakan kembali Trisatya dan Dasa Dharma, Pramuka menjadi kebutuhan relevan saat ini. Pramuka menjadi tren di Pesantren Pondok Madinah karena kegiatannya yang dirindukan. Pramuka menjadi  kegiatan baru. Rutin dilakukan tiap minggu. Wajib bagi seluruh santri/santriwati untuk mengikutinya.

Pendidikan kepramukaan di Pondok Madinah merupakan salah satu eskul wajib sesuai dengan intruksi kurikulum K13, Pramuka menjadi wadah pengembangan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup untuk melahirkan kader penerus perjuangan bangsa dan negara. Di samping itu, pendidikan kepramukaan merupakan wadah pemenuhan hak siswa sebagai warga negara untuk berserikat dan mendapatkan pendidikan sebagaimana tercantum dalam Pasal 28, Pasal 28C, dan Pasal 31 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pramuka dianggap sebagai wahana pembentukan karakter siswa, karena dalam Pramuka siswa dilatih kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian. Hal ini kiranya sebagai penyeimbang kegiatan pembelajaran dalam kurikulum formal yang lebih berorientasi pada ranah kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (ketrampilan). Kegiatan Pramuka ini akan mampu membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi (sikap dan perilaku), sehingga siswa akan mampu mengembangkan karakternya secara positif.

Salam Pramuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *